Kamis, 05 Juni 2008

Belajar Jadi Pengusaha, Ikutan Bazaar

Sejak mindset saya tentang bisnis berubah, sejak saat itulah saya belajar untuk berbisnis (atau lebih tepatnya berdagang kali yee ..). Semua buku, majalah, koran atau apapun tentang kewirausahaan dibaca habis dengan penuh semangat 45. Ya ampuun, padahal waktu saya kuliah S2 Magister Manajemen di Budi Luhur ada mata kuliah Kewirausahaan, tapi saya melaluinya dengan perasaan biasa-biasa aja, walopun dapet nila A, hati saya gak tergetar sedikitpun. Sangat kontras dengan keadaan sekarang, baru baca judulnya aja hati rasanya dagdigdug apalagi kalo sudah baca isinya, hati rasanya terbakar ... panas ..

Pelajaran pertama bisnisku adalah jualan setelan blazer, itu pun sebatas kepada keluarga sendiri dan teman-teman. Alhamdulillah responnya bagus, karena produk blazernya uda Neldi emang yahui. Baru 2 minggu jualan ada tawaran ikut bazaar di sekolah anakku di Al Azhar, kebetulan SD Al Azhar Serang menjadi tuan rumah lomba bidang study Al Azhar se Indonesia. Mungkin ini miracle kali ya ... dan miracle2 lainnya datang menyusul ... mulai dari pendaftaran yang terlambat tapi panitia berbaik hati memberi stand tambahan walopun tendanya hanya berupa tenda payung teh botol, miracle kan ... trus, waktu mau kulakan kupu-kupu ke Malang ternyata minimal pemesanan 1 koli, busyet ... banyak bener ... ternyata waktu jalan ke Mangga Dua disana ada yang jual dengan syarat yang gak memberatkan. Miracle lagi ...

Pas hari H, deg-degan karena dapat lokasinya di ujuuung banget, nyempil sendirian, maklum stand tambahan. Barang yang dijual stelan blazer, kupu-kupu, manset leher dan bros-bros cantik. Stand saya beri nama "Lina's blazer & craft". Jam 7 stand sudah siap, secara barang-barang yang dijual juga gak terlalu banyak. Sebetulnya acara bazaar baru akan dimulai jam 9, berbarengan dengan dimulainya acara Lomba Bidang Study, tapi rupanya kupu-kupuku yang bergoyang-goyang ditiup angin banyak menarik perhatian, apalagi warnanya warna-warni. Justru lokasi yang di ujung malah memberi berkah buatku. Sebelum acara bazaar dimulai anak-anak SD Al Azhar seluruh Indonesia tak henti-hentinya datang silih berganti, memandangi dengan mata berbinar dan akhirnya tergoda untuk membeli, apalagi dengan harga yang sangat terjangkau kantong mereka. Rp. 10.000/3 pcs. "saya beli, Bu ! saya beli, Bu !". Mereka tak sabar ingin segera mendapatkan kupu-kupu, "ini untuk oleh-oleh". "Adik dari mana?" tanya saya, jawabnya beragam " dari Samarinda, Bu ... Semarang, Bude ... Balikpapan, Tante ... Bekasi, Bogor, Sukabumi, Surabaya, Jakarta, Medan, Pontianak dan Wowww ... ! saya terharu, kupu-kupu jualan saya akan dibawa sebagai oleh-oleh pulang kekampung mereka di seluruh Indonesia, Alhamdulillahirobbilalamin. Terima kasih ya Allah ... Kupu-kupu saya habis ... Stelan blazer juga lumayan banyak peminatnya, rata-rata peminatnya adalah para orang tua murid dari daerah luar pulau Jawa.



Jam 16.00 WIB acara selesai. Sambil beres-beres saya pandangi deretan bis-bis yang bersiap-siap berangkat membawa pulang para peserta lomba bidang study, ada kebanggaan tersendiri ketika saya melihat di tiap kaca bis banyak kupu-kupu bergoyang-goyang. Puncak kebahagiaan saya adalah pada saat bis-bis itu bergerak meninggalkan lokasi mereka melambaikan kupu-kupunya kepada saya sebagai ucapan selamat tinggal, seolah-olah mereka ingin bilang " terima kasih ya kupu-kupunya ... saya punya oleh-oleh bagus untuk keluarga saya !"
"terima kasih anak-anak .... selamat jalan .... you are the best thing for my bussiness !"

Tidak ada komentar: