Jumat, 31 Oktober 2008

Cabe Rawit Buka Lagi

Horee Cabe Rawit hari ini buka lagi ... !!
Setelah selama sebulan libur sejak Lebaran, kini hadir kembali menyapa para pelanggan. Kok lama banget liburnya ??? hehehe, banyak sebabnya ... yang pertama, karyawan yang jaga toko pas Lebaran kemaren pamit mo resign karena sudah dapet kerjaan di hotel, yang kedua, saya liat kondisi pasar setelah Lebaran sangat sepi, maklum pas ramadhan kemaren orang-orang kan sudah pada belanja baju, jadi saya gak terlalu kesusu nyari pengganti karyawan toko.


Urusan mencari karyawan juga ada ceritanya, adik saya yang seorang guru di SMK berusaha membantu karena banyak muridnya lulusan SMK yang belum kerja. 2 minggu yang lalu sudah ada mantan muridnya yang butuh sekali pekerjaan untuk membiayai adiknya sekolah, disepakati janjian di toko, tapi 2 hari ditunggu-tunggu anaknya gak nongol-nongol, saya sampe ilfil dibuatnya ... Papa ikut membantu mencari karyawan di sekitar rumah, pertimbangannya supaya lebih mudah mengontrol dan senang aja kalo bisa memberi pekerjaan pada tetangga dekat, tapi ternyata kebanyakan orang-orang dekat rumahku lulusan SD yang gak lancar baca tulis ... Suatu hari, jam 5 subuh dateng ibu-ibu ke rumah mengajukan diri untuk menjaga Cabe Rawit. Surprised juga ... ibu itu selama ini kerjanya jadi tukang cuci di rumah tetangga, bukan bermaksud mau underestimed sih ... tapi yang saya cari kan penjaga toko yang mewakili images Cabe Rawit sebagai moslem distro, tapi saya gak ingin mematahkan semangat sang ibu, akhirnya saya bilang oke, tapi harus ditest dulu kemampuan matematikanya, ngitung diskon dan bikin nota. Karena pagi itu saya harus ngantor jadi disepakati test nya nanti malem setelah isya.
Akhirnya .... ditunggu-tunggu .... sampe jam sebelas malem ibu itu gak keliatan batang hidungnya.

Untungnya selama toko libur dan selama proses pencarian karyawan baru order online jalan terus, banyak permintaan dari Jakarta, Makassar dan Pekanbaru. Alhamdulillah ... Hari Rabu adik saya SMS, dia dapat calon lagi untuk karyawan toko, anak lulusan SMK. Hari Kamis kami janjian ketemu, wawancara sedikit, dan saya sreg sama anak ini. Sopan, gesit, dan punya pengalaman sebagai karyawan toko. Malahan dalam 2 jam uji coba, dia sudah membukukan transaksi penjualan. Sepasang sandal kartun dan 2 pcs selimut jepang berhasil terjual.

Hari ini Cabe Rawit dengan spirit baru, team baru, go go go !

3 komentar:

luluana mengatakan...

Sukses, ya Lin... Jadi kepengen juga bisnis online kayak Lina... gimana caranya Lin? secara daku kan gk punya toko...

luluana mengatakan...

Sukses, ya Lin... Jadi kepengen juga bisnis online kayak Lina... gimana caranya Lin? secara daku kan gk punya toko...

Lina Suharlina mengatakan...

Arfah, justru enaknya berbisnis online tuh kita gak perlu punya toko. Yg penting kita punya produk yg ada pasarnya, kita jual lewat internet, klo ada yg pesan kita follow up, pembeli transfer, kita cek lewat e-banking, uang masuk barang kita kirim. Mudah, kan ... ?