Kamis, 30 Oktober 2008

Upacara


Barusan saya ikut upacara bendera memperingati Hari Keuangan RI ke -62. Pada tau lah apa itu upacara ... jaman kita sekolah, dari SD sampe SMA setiap hari Senin pasti mengikuti upacara bendera. Pas kuliah aja mungkin kegiatan ini jarang dilakukan.

Bagi sebagian orang, upacara mungkin adalah kegiatan yang gak punya arti, malah kadang dihindari, yang alasan panas lah, capek, males, ngapain deh kayak tentara aja.. pokoknya kalo disuruh milih mending enggak ... gitu khan ... makanya pas jaman sekolah banyak yang pada maen kucing-kucingan dengan guru piket demi menghindari biar gak ikut upacara.

Hari ini, saya malah merasa beruntung bisa ikut upacara bendera. Pada saat bendera mulai dikibarkan, diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, tiba-tiba saja hati saya tersentuh, semangat nasionalisme saya bangkit "kita hidup di Indonesia, man ... ini fakta, kita makan disini, tidur disini, kalo Indonesia tenggelam, kita mo hidup di mana ? lalu kamu sudah melakukan apa untuk negerimu ??".

Teman, saya menitikkan air mata ... selama hampir 38 tahun hidup saya, banyak hal yang telah saya pikirkan, banyak hal yang telah saya lakukan. Saya telah mengabdi pada negara selama hampr 16 tahun, mengemban amanah sebagai penghimpun penerimaan negara. Ada saat dimana saya merasa lelah, karena kondisi negara yang carut marut digerogoti oleh para koruptor-koruptor. Ada saat dimana saya merasa muak, karena putus asa para pencoleng negara tak ada yang jera. Ada saat dimana saya ingin berhenti. Pensiun Dini ...

Saya terisak dalam hati, haruskah kutinggalkan Indonesia ?
Sungguh, saya tersedan dalam hati, mendengar sambutan ibu Menteri yang terkasih, ibu Sri Mulyani. Beliau menginginkan dukungan semua pegawai di Departemen Keuangan untuk menjadi pengelola keuangan negara yang bersih, transparan, penuh integritas, dan akuntable.
Saya tergugu,
Saya terpekur,
Ibu, doakan saya agar saya masih bisa bertahan disini, agar saya masih bisa memberi untuk negeri ini, agar saya tidak melihat persimpangan jalan, supaya saya tetap ingin disini ... di sini ...

Tidak ada komentar: