Selasa, 16 Desember 2008

Bisnis Itu Gak Gampang, man ...

Siapa bilang bisnis itu mudah ?
Dapet ide usaha, punya modal, action buka usaha, trus sim salabim adakadabra ! Sukses ! begitu ?

Sejak memiliki ketertarikan dengan bisnis, saya jadi suka mengamati, terutama usaha-usaha yang baru dibuka, kebetulan kantor saya berada di daerah pusat perdagangan di kota Cilegon. Jadi tiap hari saya bisa mengikuti perkembangan usaha-usaha tersebut. Dari sekian banyak pelaku usaha yang saya amati, faktanya lebih banyak yang bertumbangan daripada yang bertahan dan sukses.

Sebulan sebelum puasa, di depan kantor saya dibuka toko yang konsepnya mirip toko serba lima ribu. Design toko lumayan rapi, produknya banyak, karyawannya 3 orang, saya yakin modalnya lumayan gede. Pada awal dibukanya, toko tersebut mendapat kunjungan yang lumayan, termasuk saya tentunya, tapi setelah minggu pertama karyawannya lebih banyak bengong karena gak ada lagi orang yang masuk toko, tepat sebulan setelah lebaran, plang toko diturunkan, toko tersebut ditutup menyusul rumah makan bakmi disebelahnya yang sudah duluan tamat riwayatnya karena dari sejak dibuka sampai tutup cuma satu dua orang aja yang beli.

Awal bulan Desember toko yang menjual cemilan seharga Rp. 3000/bungkus juga ditutup. Padahal toko itu baru sebulan dibuka. Minggu kemarin, toko sepatu yang baru buka sebulan yang lalu juga ikutan tutup karena si empunya toko selama sebulan hanya duduk diam termangu menanti pembeli yang tidak kunjung datang.

Bussines .. what a wonderful this word !
Bisnis itu begitu mempesona, memiliki daya tarik yang luar biasa ... sungguh !
Tapi bisa dibilang bisnis juga suatu misteri dan diluar kuasa manusia. Sekalipun kita sudah punya bussines plan yang top margotop, yang diatas kertas tingkat optimistiknya 99%, bisa jadi begitu dijalankan ternyata mental .. rugi .. bangkrut ..

How can that be ? Itulah realitas hidup, bahwa kita hanya manusia biasa yang hanya mampu membuat rencana. Sesungguhnya dalam bisnis ada iman. Dalam bisnis kita harus percaya pada Allah, bahwa Allah lah yang menentukan rezeki kita. Dan ternyata iman saja pun belum cukup, karena dalam bisnis mutlak harus ada ikhlas. Ikhlas menerima ketentuan-Nya kalo dagangan kita gak laku-laku, ikhlas kalo kita ternyata harus rugi ..

So, temans yang ingin berbisnis ... siapkan iman kalian dan belajarlah ilmu ikhlas ...

Tidak ada komentar: