Selasa, 09 Desember 2008

Me Time ; Setengah Jam Yang Menyenangkan

Waktu untuk diri sendiri. Setiap orang membutuhkan me time, terlebih bagi wanita bekerja seperti saya, karena me time bisa mengobati rasa jenuh pada rutinitas. Itu sudah saya amini sejak lama, tapi terus terang hal ini juga menjadi kontroversi buat diri saya sendiri. Maklumlah, saya ini pencinta berat my kids, yang selalu kepingin deket sama anak-anak, bahkan seringkali justru saya yang mewek pas harus ninggalin anak-anak ke kantor. Jadinya, diluar jam kantor pasti waktu kami selalu dilewati bersama, pokoknya ada mama pasti ada papa, Kakak dan Alit, ke pasar kek, ke warung, ke salon, arisan, jajan bakso, kemana pun selalu rombongan. Saya gak pernah bisa tega pergi melenggang sendirian tanpa mereka. So ... apa mungkin saya punya me time ?

Saking penasarannya, saya pernah bikin kuesioner sama temen2 sekantor soal me time ini. Waaak ... jawabannya bener-bener mengejutkan buat saya karena rata-rata temenku hampir semua memanfaatkan me time ini. Ada yang tiap seminggu sekali nyalon seharian, ada yang rutin nonton konser sampe tengah malam, ada yang tiap minggu hang out sama temen-temen lamanya, bahkan seorang teman di Bandung sebulan sekali sengaja ke Jakarta untuk ngobrol dan shopping bareng, berangkat pagi pulang malem.

Glek ... mana bisa mama pergi tanpa menggandeng tangan Alit. Membayangkan raut muka Alit yang memelas minta ikut aja saya gak sanggup ... wong saya ke kamar mandi aja Alit nunggu didepan pintu ... Alit baru bisa melepas saya pergi kalo saya ke kantor, itu pun karena dia tahunya mama ke kantor mo cari uang biar bisa beliin Alit boneka Barbie, itu pun harus disertai dengan pesan-pesan "mama ke kantor jangan lama-lama ya ... cepet pulang ya, ma", alhasil tiap saya pulang dari kantor Alit pasti menyambut dengan pelukan seolah-olah sudah ditinggal pergi mamanya berbulan-bulan ... hiks ..

Secara saya ini manusia biasa, kadang hal ini bikin saya bete berat, gimana nggak, urusan kantor aja sudah bikin saya pusing, belum urusan domestik rumah tangga, niatan pengen refreshing, tapi karena perginya juga bareng anak-anak ujungnya teueteup ... ngurus ini itunya anak-anak .... sementara untuk pergi refreshing sendiri belon sanggup euy ...

Cuman, belakangan saya baru nyadar, rupanya saya sudah mulai menemukan me time saya sendiri, yaitu pas pergi dan pulang kantor saat saya nyetir sendirian. Jarak yang 22 km saya tempuh setengah jam lewat jalan tol. Terus terang saat itulah saya merasa enjoy sekali, apalagi pemandangan jalan tol Cilegon-Serang indah untuk dinikmati, sebelah sisinya ada gunung pinang yang berkabut, sisi lainnya adalah pepohonan yang rindang dan hijau menyejukkan, diiringi lagu-lagu favorit saya, bahkan saya sering ikutan nyanyi walopun jelas-jelas fals, seringkali saya kayak wong gendheng njoget2, pokoke norak habis-habisan ! hal yang gak pernah dilakuin di depan anak-anak apalagi di depan si papa ... hihi .. gak tau deh ... waktu yang setengah jam itu kok seperti memberi energi magis buat saya, memberi saya kemerdekaan, hoaaah ... I am just a happy mom !
Makanya, kadang saya suka sedikit gak rela kalo ada temen yang pengen ikutan pulang bareng my visto, 'cause udah pasti saya jadi gak bisa me time dunk ... gak mungkin khan saya teriak-teriak fals kalo ada orang laen ...

Yach, sekarang sih lumayan bersyukur aja, paling tidak ada juga waktu dimana saya bisa bebas berekspresi tanpa rasa bersalah, walopun cuma setengah jam doang, sampe Alit lebih mandiri, sampe saya sendiri juga mandiri tanpa harus selalu ingin ditemani anak-anak. I must be growing up ...


Tidak ada komentar: