Selasa, 01 Juli 2008

Ikut Pameran MTQ Nasional XXII

Tanggal 17 - 24 Juni 2008 kemarin saya nekat ikut Pameran dan Pasar Rakyat MTQ Nasioanal XXII di Serang, Banten. Kenapa nekat ? secara ini event nasional gitu loh ... padahal saya ini kan pebisnis pemula .. hehehe, tapi dengan pede nya, walopun awalnya sempet ragu juga ... diniatin untuk ikut serta. Bayangin .. sewa stand nya aja seminggu Rp. 3 juta ... buat pemula itu kan mahal bangeet ya, gak ? Tapi mengikuti saran teman-teman di TDA Community, yang penting action aja, ntar juga miracle happen .... hayoo aja deh.

Walopun gitu, persiapan dibikin maksimal ... mulai dari mempersiapkan barang-barang jualan, banner, perlengkapan display, cuti dari kantor dan sebagainya ... mengusung nama Cabe Rawit Distro Anak Muslim, produk yang ditawarkan adalah yang serba anak-anak, mulai dari selimut jepang, baju muslim anak, baju renang muslim anak, mukena anak, sandal kartun, dan sebagainya.
Yang bikin senang dan ge er, setelah berkeliling liat stand-stand yang lain ternyata produk yang saya jual gak ada yang nyamain loh ... aseli 100% berbeda dengan stand lainnya, ini adalah hasil hunting selama kurang lebih 2 bulan mencari produk yang bagus dan belum pasaran. Selimut Jepang sudah jelas belum ada yang jual di Serang, untuk baju muslim anak dan mukena saya cuma sediakan yang branded yaitu Dannis dan Ransas, baju renang muslim anak-anak stand lain gak ada yang jual, apalagi sandal kartun, sandal ini saya ambil langsung dari produsennya dan beliau memberi hak distribusi daerah Banten untuk saya.

Salah seorang pengunjung sedang mengagumi selimut jepang

Alhasil ... stand saya cukup menarik minat banyak orang untuk datang .. yaa walopun tidak semua yang datang melakukan pembelian, tapi ramenya stand saya dikunjungi orang silih berganti tiada hentinya sudah merupakan hiburan tak terkira. Soal rezeki saya sudah pasrahkan kepada Allah, ini membuat hati saya lapang, karena sebelumnya saya dihantui rasa cemas, nanti laku gak ya? nutup sewa gak ya ? dan sebagainya ...

Terus terang, pelajaran paling berharga dari ikut pameran ini adalah saya bisa bertawakkal ... bayangkan selama delapan hari berturut-turut berangkat pagi pulang jam sebelas malam, hanya dibantu oleh putri sulungku, Sekar, yang notabene baru berumur 12 tahun, bawa barang semobil, tiap hari dibawa pulang (karena kalo malem gak ada yang nungguin). Awalnya kami bikin target penjualan yang optimis, tapi dua hari pertama sudah cukup memberi gambaran bahwa target kami terlalu tinggi, karena pada kenyataannya, walopun stand kami disesaki pengunjung tapi pengunjung selalu mencari produk yang murah meriah dimana keputusan membeli tanpa harus melalui pertimbangan apapun ... pokoke murah. Bayangkan .. mosok baju Dannis ditawar 50 ribu ... mukena ditawar 10 ribu ... selimut jepang yang super lembut itu ditawar 30 ribu ...saya cuma bisa nyengir ... dari sekian banyak produk yang saya jual rupanya sandal kartun yang bisa masuk ke harga mereka.

Setiap malam suami selalu ngecek, "gimana penjualan hari ini ? bisa nutup sewa gak ?" terus terang, kalo gak tawakkal, di hari pertama pameran mental saya pasti sudah down ... karena penjualan sangat jauh dibawah harapan ... tapi alhamdulillah, di hari pertama pameran saya sudah niatkan untuk ikhlas, bahwa saya hanya dapat berikhtiar semaksimal mungkin, adapun rezeki adalah kuasa Allah. Jadi yang saya lakukan tiap hari sebelum berangkat ke lokasi pameran adalah mengucapkan bismillah dan ikhlas atas apapun yang diberikan oleh Allah tanpa mengurangi sedikitpun usaha saya. Saya layani semua orang, dengan senyum dan keramahan walopun yang mereka lakukan membongkar dan mengacak-acak barang trus pergi dengan alasan ini itu, insya allah saya ikhlas.


Duh, rame banget...

Alhamdulillah, saya bisa melewati acara pameran sampai selesai. Kalo dihitung-hitung hasil penjualan cuma bisa buat nutup sewa stand, kalo untung sih beluuuum. Suamiku sambil senyum-senyum nanya " kapok, ga Ma ? sudah capek-capek gak dapet untung sama sekali ?" Walaah ... saya cuma bisa mesem, kapok sih nggak .... tapi terus terang sedih banget target yang direncanakan sama sekali gak tercapai. Perkiraan saya meleset semua. Terus terang ini sangat mempengaruhi mental saya. Sampe selama 2 minggu ini saya kurang bersemangat menjalani bisnis, 2 minggu ini saya absen ngelapak di Alun-Alun Serang. Kerjaan saya cuma merenung, dan mengevaluasi, bertanya mengapa dan kenapa ...

Tidak ada komentar: